tips-mengolah-cumi-cumi-agar-teksturnya-empuk-dan-tidak-ami
Kuliner

Tips Mengolah Cumi-Cumi agar Teksturnya Empuk dan Tidak Amis

CUMI-cumi memiliki tekstur yang kenyal dan gurih. Tak heran bila olahan laut ini disukai cukup banyak orang. Well, meski terlihat mudah, mengolah cumi-cumi nyatanya tidak bisa sembarangan.

Bila salah dalam memasak, cumi bisa tidak empuk (alot), bahkan kering, keras, dan rasanya menjadi tidak lezat. Belum lagi bila terdapat aroma amis.

Lantas, bagaimana cara mengolah cumi-cumi agar tidak amis dan memiliki tekstur yang empuk? Chef William Gozali pun memberikan triknya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, pastikan untuk membersihkan cumi dengan memotong bagian samping cumi dan mengeluarkan bagian isi cumi hingga bersih. Setelah cumi bersih, tiriskan, Anda bisa merendam potongan cumi ke dalam campuran air, susu, dan jeruk limau. Pilihlah jenis susu cair tanpa rasa.

“Rendam ke dalam air, susu, dan jeruk limau. Komposisinya kalau saya air dan susu perbandingan 1:1, lalu masukkan air perasan jeruk limau sedikit. Kalau dirasa kurang asam, jeruk limaunya bisa ditambah lagi. Lalu, diamkan selama kurang lebih 30 menit,” tutur Chef William Gozali yang ditemui Okezone usai mengisi sebuah acara di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat 15 Desember 2017.

Lebih lanjut, dituturkan William, merendam potongan cumi ke dalam campuran air, susu, dan jeruk limau, guna menghilangkan bau amis serta mendapatkan tekstur cumi yang empuk.

Dalam proses memasak, juara ajang Master Chef Indonesia 3 itu menyarankan agar tidak mengolahnya dalam waktu yang lama. Waktu yang dibutuhkan untuk memasak cumi disarankan kurang lebih hanya 5 menit. Terlalu lama memasaknya, cumi akan mengeluarkan banyak air.

“Kalau memasak cumi jangan kelamaan, apinya pun jangan terlalu panas. Terlalu lama memasak cumi, nanti teksturnya jadi kering,” lanjutnya.

engungkapkan saat memasak cumi, ada salah satu yang perlu ‘dikorbankan’ antara rasa atau tekstur. Bila ingin mendapatkan rasa yang pas, cumi memang perlu dimasak hingga sangat matang. Namun, demikian tekstur cumi tersebut akan terasa kering.

“Atau bisa caranya dengan mematangkan dulu bumbunya, kemudian masukkan potongan cumi. Masak selama 5 menit, nah itu tingkat kematangannya sekira 70 persen,” tutupnya.

 

Sumber : Okezone