Sekar Jagad
Jateng & DIY Kedu

Sekar Jagad Berhasil Mengeskplorasi Batik Kebumen

KEBUMEN,  – Salah satu perhatian nyata Paguyuban Pecinta Batik Indonesia (PPBI) Sekar Jagad Yogyakarta kepada batik Kebumen adalah mengeksplorasi motif-motif batik tradisional Kebumen untuk menjadi batik berkonsep yang lebih berkelas guna meningkatkan nilai jualnya.

“Dalam sepuluh tahun terakhir kami sudah berupaya memberikan perhatian nyata kepada batik Kebumen. Selain mendatangi para perajin di sentra-sentra batik Kebumen dengan memberikan bimbingan tehnis dan bantuan bahan baku dan peralatan membatik, kami juga melakukan eksplorasi terhadap sejumlah batik tradisional Kebumen,” ujar Ketua PPBI Sekar Jagad Yogyakarta, GBPH Prabukusumo dalam kunjungan PPBI Sekar Jagad Yogyakarta di Kebumen di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Sabtu (24/03/2018).

Rombongan PPBI Sekar Jagad tersebut diterima oleh Wakil Bupati Kebumen, KH Yazid Mahfudz yang dalam sambutannya mengungkapkan tentang perhatian besar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen terhadap kerajinan batik di Kebumen. Geliat produksi batik di sentra-sentra batik di 7 desa 4 kecamatan di Kebumen tersebut menurut KH Yazid Mahfudz kini telah mampu mengangkat perekonomian para perajinnya, juga para desainer dan pengusaha konveksi di Kebumen.

Adapun Prabukusumo yang memimpin kunjungan sehari 80 anggota PPBI Sekar Jagad Yogyakarta ke Kebumen tersebut memberikan apresiasi tinggi kepada para perajin batik Kebumen yang masih mau mengangkat motif-motif  tradisional Kebumen. “Ternyata setelah motif-motif tersebut ditingkatkan penggarapannya bisa menjadi batik-batik yang terkesan luar biasa,” ujar Prabukusumo.

Sedangkan anggota PPBI Sekar Jagad, Afif Syakur, dalam kesempatan tersebut mempresentasikan beberapa lembar kain batik hasil eksplorasinya terhadap motif-motif batik tradisional Kebumen. Diantaranya, jagatan, pring-pringan, sirikit, lung-lungan keong, jagadan kipas dan lidah api.

“Batik-batik ini merupakan batik-batik berkonsep hasil eksplorasi dari motif-motif tradisional Kebumen. Tujuan eskplorasi ini adalah untuk menambah nilai jual batik Kebumen,” ujar Afif.

 

Kedaulatan Rakyat, Minggu, 25 Maret 2018 / 02:17 WIB