Benarkah Sperma Bisa Jadi Tanda Si Dia Selingkuh? Begini Kata Dokter

JawaPos.com – Seorang pria yang mengalami ejakulasi tentu mengeluarkan sperma. Banyak pria seringkali bertanya apa perbedaan sperma yang encer dan kental. Benarkah hal itu bisa menjadi tanda bahwa sang pria selingkuh dari pasangannya?

Sperma termasuk dalam salah satu kandungan air mani pria. Air mani tersebut dikeluarkan saat pria ejakulasi, berupa cairan berwarna putih atau abu-abu dengan jumlah normal sekitar 2 mililiter. Selain sperma, air mani mengandung sekresi berupa lendir dari kelenjar organ reproduksi pria.

Cairan sperma yang encer biasanya berwarna bening serta mengandung jumlah sperma yang lebih sedikit dibandingkan yang normal. Sperma yang kental biasanya berwarna lebih putih kental.

Dokter Spesialis Andrologi Dr. Nugroho Setiawan, Sp. And, dari RSUP Fatmawati menegaskan wujud sperma tak bisa menjadi tanda pria selingkuh atau tidak. Anggapan wujud sperma bisa menjadi tanda perselingkuhan lantaran pria yang sering ejakulasi bisa menyebabkan spermanya encer.

“Selingkuh atau enggak selingkuh enggak ketahuan dari spermanya. Kecuali kena penyakit kelamin,” kata dr. Nugroho kepada wartawan baru-baru ini.

Menurutnya, usia sperma yang bagus di tempatnya (di dalam Mr P) adalah selama 2-7 hari. Jika lebih dari 7 hari maka akan terjadi sperma tua.

“Warnanya tetap. Namun bentuknya pasti sudah tidak bagus. Kepala spermanya sudah tidak sempurna,” katanya.

Ejakulasi pun tak hanya terjadi karena berhubungan seks. Pria yang sering onani pun lebih sering pula ejakulasi dan mempengaruhi wujud sperma.