Jaga Kesehatan Keluarga dengan Rutin Membersihkan Pendingin Ruangan

JawaPos.com – Untuk menjaga kesehatan keluarga di rumah, salah satunya bisa dimulai dari pendingin ruangan (AC). Sayangnya produk elektronik yang satu ini seringkali tidak diperhatikan perawatannya. Padahal sirkulasi udara yang sehat bisa menjamin kesehatan keluarga.

“Sirkulasi udara AC split itu mikro udara dikondisikan bolak-balik. Jika tak sehat maka keluarga bisa tertular virus penyakit. Alat pendingin ruangan harus ramah lingkungan seperti brokoli segar dan menyehatkan. Sehingga udara sejuk, keluarga sehat, dan tak merusak lapisan ozon,” kata President ASHRAE Chapter Indonesia Deddy el Rashid dalamĀ  konferensi pers menjelang pameran Refrigeration & HVAC Indonesia (RHVAC) 2018 di Jakarta International Expo Kemayoran pada 26-28 September, Rabu (5/9).

Maka idealnya, jika kondisi rumah dalam lingkungan dengan polusi tinggi seperti di kawasan pabrik dan industri, sebaiknya perawatan AC dilakukan setiap 2 bulan sekali. Sedangkan jika dalam lingkungan yang normal di perumahan pada umumnya bisa dilakukan 3-4 bulan sekali.

“Lalu sebaiknya tiap 1 jam jika berada di gedung atau mal, agar keluar ruangan sehingga mengambil udara segar. Sebab di dalam gedung justru akan lebih banyak orang yang datang,” jelasnya.

Selain rumah tangga, penggunaan AC juga wajib diperhatikan dalam mewujudkan konsep bangunan hijau (green building) untuk menjamin kesehatan masyarakat. Penggunaan beton yang merata di kota-kota di Indonesia, bangunan industri, dan komersial serta rumah hunian menjadi target transformasi energi.

Dilengkapi dengan air condition, ventilasi, pemanas, refrigeration dan peralatan pengendali cuaca lainnya, bangunan-bangunan ini tentunya mengkonsumsi energi dan bahan baku lainya secara masif termasuk air. Sehingga dengan penerapan teknologi dalam peralatan berkualitas tinggi yang ramah lingkungan, akan memungkinkan optimasi maksimal dari operasional dan pemeliharaan energi yang lebih baik.

RHVAC 2018 fokus pada pemenuhan kebutuhan untuk mengatasi kekhawatiran tentang penggunaan AC dan mesin pendingin yang terus menerus berdampak pada lingkungan. Aspek ‘bangunan hijau’ ini dapat dicapai dengan Teknologi, Mesin & Peralatan, Solusi & Sistem, Instalasi & Aplikasi dan Produk, Suku Cadang & Peralatan yang dipamerkan di RHVAC 2018.