Dawet ayu Banjarnegara dinobatkan sebagai juara 1 kategori Minuman Tradisional  Terpopuler pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020. Selain itu, dawet ayu menyabet predikat  minuman favorit pada ajang tersebut.

Penghargaan diterima langsung oleh Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono pada gelaran malam  penganugerahan API Award 2020 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Labuan Bajo Nusa  Tenggara Timur, Kamis (20/5) malam. Dawet ayu Banjarnegara berhasil mengungguli dua nominee lain,  yakni juara 2 Kopi Semendo dari Kabupaten Muara Enim dan juara 3 Air Mata Bejando dari Kabupaten  Pelalawan.

“Alhamdulillah, Banjarnegara berprestasi lagi. Dawet Ayu Banjarnegara menjadi juara minuman  tradisional terpopuler sekaligus favorit pada API 2020. Perjuangan yang dinanti-nanti sekian lama  akhirnya terwujud juga,” katanya.

Menurutnya, prestasi tersebutmerupakan hasil dari perjuangan masyarakat dan seluruh pihak yang  sejak awal memberikan dukungan untuk dawet ayu Banjarnegara dalam ajang tersebut. Pihaknya  menyampaikan terima kasih karena minuman kebanggaan masyarakat Banjarnegara bisa menyabet dua gelar  sekaligus, yakni minuman tradisional terpopuler sekaligus favorit.

“Terima kasih kepada seluruh OPD, lembaga pemerintah, dunia usaha, perbankan, organisasi  masyarakat, kampus, sekolah, komunitas, dan masyarakat luas yang turut berjuang keras memenangkan  dawet ayu,” ucapnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Agung Yusianto  berharap, terpilinya Dawet Ayu  Banjarnegara menjadi Juara 1 Minuman Tradisional Terpopuler sekaligus favorit pada API Award 2020,  akan memotivasi pelaku ekonomi kreatif khususnya kuliner di Banjarnegara untuk lebih meningkatkan  prestasi dan inovasi.

“Dawet ayu menjadi cambuk penyemangat untuk menorehkan prestasi yang lebih gemilang, menuju wisata  Banjarnegara mendunia. Kami tetap menggali budaya lokal dan lebih semangat dalam berinovasi,  berkreasi dan promosi potensi pariwisata,” ujarnya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *