Wonosobo – Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat memberikan apresiasi kepada jajaran perpustakaan yang mampu masuk nominasi enam besar untuk tiga kategori sekaligus yaitu, Perpustakaan Umum, Perpustakaan Desa dan Perpustakaan Sekolah pada lomba perpustakaan tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2021.

Pimpinan rombongan Tim Penilai lomba Provinsi Jateng, Nugroho mengatakan, dari hasil penilaian administrasi dewan juri, telah ditetapkan enam nominasi pemenang termasuk di dalamnya Kabupaten Wonosobo yang mewakilkan tiga kategori, dan semuanya masuk nominasi enam besar. Sehubungan dengan hal tersebut, untuk menentukan Juara 1 sampai dengan harapan 3 akan dilakukan penilaian lapangan atau visitasi yang akan dilaksanakan dari tanggal 18-25 Mei 2021.

Berdasarkan penilaian administrasi instrumen dan data dukung peserta yang telah dikirim ke panitia tingkat Provinsi, Wonosobo berhak melangkah ke tahap selanjutnya untuk kategori umum yang di wakili oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah, kategori perpustakaan desa diwakili Perpustakaan “Bergema” Desa Patakbanteng serta kategori Perpustakaan Sekolah diwakili oleh SMK N I Wonosobo.

Bupati Afif mengapresiasi capaian tersebut. Namun pihaknya berpesan lomba tersebut jangan dijadikan tujuan, namun harus dijadikan spirit untuk kemajuan kedepan. Bupati minta pemerintah dan jajaran pendidikan agar selalu hadir menyediakan sarana prasarana yang baik, dan memberikan edukasi kepada masyarakat agar mendapatkan kemudahan apa yang diperlukan terkait perpustakaan.

“Lomba ini penting namun jangan dijadikan tujuan, karena kalau jadi tujuan, yang didapat hanya selesai setelah lomba saja, tapi hendaknya dengan mengikuti lomba seperti ini harus menjadi spirit, sebagai sarana untuk melakukan perubahan kedepan yang lebih baik lagi,” tegas Bupati.

Selain itu Bupati meminta agar diera digital seperti saat ini, dinas terkait harus mampu melakukan inovasi dan langkah maju dengan memanfaatkan teknologi. Serta apa yang sudah diprogramkan harus terus dijalankan dan ditingkatkan.

“Pak Kadis Arpusda harus ada lompatan-lompatan yang signifikan dalam bentuk inovasi yang baru diera digital saat ini. Apa yang sudah dicanangkan harus dilanjutkan dan di tingkatkan lagi, misal ramah dengan medsos, grab book dan lainya, sehingga terfasilitasi pelayanan terbaik kepada masyarakat di bidang literasi,” pungkasnya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *