Indonesia Kalahkan Vietnam, Jokowi: Mainnya Bagus Sekali!

Presiden Jokowi turut menyaksikan pertandingan timnas Indonesia, yang melibatkan Asnawi Mangkualam Bahar dan rekan-rekan, dalam pertandingan Piala Asia melawan Vietnam pada Jumat (20/1/2024). Setelah Indonesia memenangkan pertandingan dengan skor 1-0, Jokowi memberikan pujian berulang kali.

Jokowi mengungkapkan apresiasinya setelah menghadiri acara Harlah Muslimat NU di Gelora Bung Karno pada Sabtu (20/1/2024). “Mainnya bagus sekali,” ujar Jokowi, seperti yang terlihat dalam video di YouTube Sekretariat Presiden.

Presiden memberikan pujian dengan ekspresi wajah yang sangat puas, sambil memberikan jempol. Tidak hanya satu kali, Jokowi bahkan mengungkapkan, “mainnya bagus sekali” hingga lima kali.

Selain memberikan pujian, Jokowi juga membagikan bahwa ia harus begadang untuk mendukung timnas Indonesia melawan Vietnam. Ia mengakui bahwa ia terus mendukung aksi timnas Indonesia di Piala Asia hingga hampir jam 12 malam.

Seperti diketahui, Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dalam pertandingan grup D Piala Asia. Satu-satunya gol kemenangan Indonesia berasal dari tendangan penalti yang dieksekusi oleh kapten Asnawi Mangkualam Bahar. Tendangan penalti Asnawi tidak dapat diantisipasi oleh kiper Vietnam. Penalti tersebut diberikan kepada Indonesia setelah terjadi pelanggaran pada penyerang Indonesia, Rafael Struick, oleh pemain Vietnam.

Peluang Lolos ke 16 Besar Kemenangan atas Vietnam membuka peluang Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar. Indonesia akan menjalani pertandingan terakhir grup D melawan Jepang pada Rabu (24/1/2024) pukul 18.30 WIB.

Jika Indonesia berhasil mengalahkan Jepang, maka akan menduduki posisi kedua dalam klasemen akhir grup D dan berhak melangkah ke babak 16 besar. Namun, jika Indonesia tidak mampu mengalahkan Jepang, posisi Indonesia akan menjadi ketiga dalam klasemen akhir grup D.

Jika Indonesia berada di posisi ketiga klasemen akhir grup D, nasib lolos atau tersingkirnya Indonesia akan tergantung pada kinerja tim di grup lain. Jika termasuk empat terbaik peringkat ketiga, Indonesia tetap bisa melangkah ke babak gugur.

Jika Indonesia berhasil melangkah ke babak gugur, ini akan menjadi pencapaian perdana bagi timnas, karena dalam empat partisipasi sebelumnya dalam Piala Asia, Indonesia belum pernah lolos ke fase gugur.

+ There are no comments

Add yours