Malaysia Tersingkir Menyakitkan, ASEAN Tersisa Indonesia dan Thailand

Malaysia mengalami kegagalan yang menyakitkan dalam ajang Piala Asia, sehingga menyisakan dua negara dari ASEAN, yaitu Indonesia dan Thailand.

Malaysia tersingkir setelah mengalami kekalahan 0-1 dari Bahrain pada Sabtu (20/1/2024). Kekalahan tersebut menjadi pahit karena gol dari Ali Madan tercipta pada menit 90+5, menjadikan Malaysia kalah di menit-menit terakhir pertandingan.

Meskipun Malaysia telah bertahan dengan baik sepanjang pertandingan, mereka harus kebobolan di menit akhir.

Dengan hasil kekalahan dari Bahrain, Malaysia telah mengalami dua kekalahan dan dipastikan tersingkir dari Piala Asia kali ini. Meskipun mereka mungkin memenangkan laga terakhir melawan Korea Selatan dan Bahrain kalah dari Yordania, keadaan tetap tidak berubah. Apabila Malaysia dan Bahrain memiliki nilai yang sama di akhir klasemen, Bahrain akan tetap berada di atas Malaysia karena unggul head to head.

Kegagalan Malaysia ini menyusul tersingkirnya Vietnam, yang kalah 0-1 dari Indonesia dalam pertandingan sebelumnya. Bahkan dengan kemenangan atas Irak di laga terakhir, Vietnam tidak dapat mengubah nasibnya.

Dengan demikian, dari empat negara ASEAN yang berpartisipasi dalam Piala Asia kali ini, hanya Indonesia dan Thailand yang masih bertahan. Indonesia akan melakoni laga pamungkas grup melawan Jepang, dan kemenangan akan membawa mereka ke babak gugur.

Jika Indonesia tidak mampu mengalahkan Jepang, mereka akan berada di posisi ketiga klasemen akhir grup D. Namun, nasib Indonesia akan ditentukan oleh hasil laga di grup lain, di mana mereka masih memiliki peluang lolos ke babak gugur sebagai salah satu dari empat posisi ketiga terbaik.

Sementara itu, Thailand baru saja memainkan satu pertandingan dan berhasil mengalahkan Kyrgyzstan. Thailand masih memiliki dua pertandingan melawan Oman dan Arab Saudi. Pertandingan terdekat mereka adalah melawan Oman pada Minggu (21/1/2024), dan kemenangan akan mengamankan tiket mereka ke babak gugur.

+ There are no comments

Add yours