Slogan Jabar Hattrick Akhirnya Terwujud: Jawa Barat Juara Umum PON XXI Aceh-Sumut 2024

Estimated read time 3 min read

Slogan “Jabar Hattrick” akhirnya benar-benar terwujud setelah Kontingen Jawa Barat berhasil keluar sebagai Juara Umum Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang diselenggarakan di Aceh dan Sumatera Utara tahun 2024. Prestasi ini sekaligus mempertahankan status juara umum pada dua edisi sebelumnya, yaitu PON XIX Jawa Barat 2016 dan PON XX Papua 2020 (yang dilaksanakan pada 2021 karena pandemi COVID-19).

Selain Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah juga tampil gemilang dengan berhasil melampaui target medali pada PON XXI Aceh-Sumut 2024. Para atlet Jateng menunjukkan performa yang memuaskan, meski belum berhasil menembus tiga besar.

Lima Besar Klasemen Akhir PON XXI Aceh-Sumut 2024

Lima besar klasemen akhir perolehan medali PON XXI Aceh-Sumut 2024 menarik untuk dibahas. Jawa Barat sukses menjadi juara umum dengan total 538 medali, terdiri dari 195 emas, 163 perak, dan 182 perunggu.

“Selamat kepada Jawa Barat yang keluar sebagai juara umum PON XXI,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, saat upacara penutupan di Stadion Utama Sumatera Utara pada Jumat (20/9/2024) malam.

Jakarta berhasil menempati posisi runner-up dengan total 479 medali, terdiri dari 184 emas, 150 perak, dan 145 perunggu. Meskipun sempat berada di puncak menjelang detik-detik penutupan, Jakarta harus puas di peringkat kedua.

Di posisi ketiga, Jawa Timur mengoleksi 426 medali, terdiri dari 146 emas, 136 perak, dan 143 perunggu. Meskipun jumlah emas mereka tertinggal jauh dari Jabar dan Jakarta, perolehan medali total yang solid mengamankan tempat ketiga.

Sumatera Utara yang menjadi salah satu tuan rumah berhasil memperbaiki peringkat dengan menempati posisi empat besar, mengumpulkan 254 medali dengan rincian 79 emas, 59 perak, dan 116 perunggu. Capaian ini jauh lebih baik dibanding PON XX yang hanya berada di peringkat delapan.

Peringkat kelima ditempati oleh Jawa Tengah yang berhasil menyalip Aceh dengan total 260 medali, terdiri dari 71 emas, 74 perak, dan 115 perunggu. Meski gagal menembus tiga besar, perolehan ini tetap menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Sementara itu, tuan rumah Aceh berada di peringkat keenam dengan 192 medali, terdiri dari 65 emas, 48 perak, dan 79 perunggu. Prestasi ini memperlihatkan lonjakan besar dari PON sebelumnya di mana Aceh hanya bertengger di posisi 12.

Jateng Gagal Finis Tiga Besar

Meski berhasil melampaui target 50 emas, Jawa Tengah tidak berhasil finis di tiga besar atau bahkan di peringkat empat. Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menargetkan peringkat tiga besar untuk kontingen Jateng saat melepas para atlet di GOR Jatidiri, Semarang pada Sabtu (24/8/2024).

“Target kami adalah tiga besar, atau setidaknya memperbaiki peringkat dan menambah koleksi medali emas. Dulu 27 (medali emas), sekarang minimal 50 (medali emas). Kita target tiga besar minimal di empat besar,” jelas Nana.

Meski tidak mencapai target peringkat, pencapaian Jateng di PON XXI tetap patut disyukuri, mengingat peringkat mereka lebih baik daripada PON XX di Papua, di mana mereka hanya menempati posisi keenam.

PON XXI Aceh-Sumut 2024 menjadi ajang pembuktian bahwa provinsi-provinsi di Indonesia terus meningkatkan kualitas atlet mereka, dan semangat kompetisi semakin membara dalam setiap edisi PON.

+ There are no comments

Add yours