Indonesia Pimpin Klasemen Peringkat Tiga Terbaik Piala Asia, Kans Lolos 16 Besar Terbuka Lebar

Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan 1-0 melawan Vietnam pada matchday kedua Grup D di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024) malam. Kemenangan ini membawa Indonesia meraih tiga poin perdana dan sementara memimpin klasemen tim peringkat tiga terbaik pada ajang Piala Asia 2023 Qatar, membuka peluang besar untuk lolos ke babak 16 besar.

Posisi Indonesia saat ini berada di atas negara Suriah dengan satu poin, mengungguli Tajikistan dan Palestina yang juga memiliki satu poin. Oman dan Bahrain, yang baru menjalani satu pertandingan di masing-masing grup, belum mengoleksi satu poin pun. Meskipun empat tim sebelumnya telah memainkan laga keduanya.

Keempat tim peringkat tiga terbaik akan mendapatkan tiket ke babak berikutnya, memberikan peluang besar bagi timnas Garuda untuk melaju dari fase grup, meskipun harus menghadapi Jepang di laga pamungkas pada Rabu (24/1/2024) malam.

Meski diunggulkan tampil all out, Jepang memiliki motivasi tinggi untuk menjaga asa lolos otomatis setelah kekalahan 1-2 dari Irak. Indonesia berpotensi menciptakan sejarah baru jika berhasil masuk empat besar peringkat tiga terbaik dan melangkah ke 16 besar, sukses yang belum pernah diraih sebelumnya dalam empat partisipasi Indonesia pada Piala Asia.

Penentuan peringkat tiga terbaik menggunakan kriteria poin, selisih gol, produktivitas gol, dan disiplin tim. Indonesia masih berpeluang menjadi peringkat dua klasemen akhir grup D dengan syarat harus mengalahkan Jepang, membuka potensi pencapaian sejarah baru di kancah sepak bola Asia.

+ There are no comments

Add yours