Inovasi Pembelajaran Tajwid yang Dikenalkan Rosyid Muhammadi, Efektif dan Mudah untuk Belajar Baca Al-Qur’an

Rosyid Muhammadi memperkenalkan inovasi baru dalam pembelajaran tajwid dengan menggunakan Learning Management System (LMS) berbasis web, yang dinilai efektif dan mudah digunakan untuk belajar baca Al-Qur’an. Temuan ini telah memberikan kontribusi besar dan signifikan terhadap pembelajaran baca huruf Al-Qur’an di Kabupaten Wonosobo, bahkan berhasil masuk dalam nominasi 10 besar PAI Award 2024.

Kepada media, Rosyid menyampaikan bahwa sejak Juni 2022, ia mulai menginisiasi pembelajaran baca huruf Al-Qur’an untuk orang dewasa. Tiga bulan kemudian, ia mendirikan Akademi Waqtar dengan model pembelajaran baca huruf Al-Qur’an online menggunakan setoran voice note melalui WhatsApp.

“Dengan diterimanya metode ini, pada akhir 2023 saya meluncurkan program baru, yaitu inovasi pembelajaran tajwid menggunakan LMS (Learning Management System) berbasis web bagi santri Akademi Waqtar Wonosobo. Model pembelajaran ini terbukti sangat efektif dan mudah dipelajari teknologinya,” ungkap Rosyid.

Lebih lanjut, Rosyid menjelaskan bahwa misi dari pembuatan dan pengembangan metode ini adalah untuk terus mendorong batas-batas inovasi teknologi dan membangun ekosistem yang mendukung pertumbuhan pembelajaran Al-Qur’an secara digital di Indonesia.

+ There are no comments

Add yours