Krisis Lingkungan Jadi Tantangan Besar, Pemkab Wonosobo Dorong Pemulihan Ekosistem

Krisis lingkungan menjadi tantangan besar masyarakat dunia saat ini akibat terganggunya keseimbangan ekosistem. Berbagai upaya pemulihan lingkungan kini menjadi prioritas utama untuk meningkatkan daya dukung ekosistem kehidupan makhluk hidup di dalamnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Pemkab Wonosobo, Yusuf Haryanto, saat membacakan sambutan Bupati Wonosobo dalam acara Simposium Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, yang diselenggarakan di Hotel Dafam, Selasa (2/6/2024).

“Sudah sepatutnya kita mampu meningkatkan capaian pengelolaan sampah, sebab sampah yang tidak dikelola dengan baik akan menjadi masalah serius, yang mengancam kelestarian lingkungan dan keberlangsungan kehidupan makhluk hidup di dalamnya. Mari perkuat komitmen bersama dalam melaksanakan upaya pelestarian lingkungan hidup, dengan menggerakkan aksi nyata peduli lingkungan,” ungkapnya.

Yusuf menambahkan, upaya pelestarian lingkungan secara masif menjadi langkah penting, dimulai dari menumbuhkan kesadaran masyarakat atas isu lingkungan untuk mendorong partisipasi dalam melestarikan lingkungan hidup.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Wonosobo, Endang Lisdiyaningsih, mengungkapkan bahwa melalui simposium ini, diharapkan terjalin sinergi antar sektor dan kolaborasi dari seluruh elemen masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan, menggali isu-isu terkait kualitas dan kuantitas air, serta pengelolaan sampah yang lebih baik.

“Dengan adanya simposium ini, Wonosobo diharapkan mampu menghasilkan rumusan arah kebijakan yang terarah dan terukur untuk pelestarian lingkungan hidup. Hal ini juga sebagai bentuk peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, menjadikan langkah nyata bagi Kabupaten Wonosobo dalam menghadapi tantangan lingkungan di masa depan,” pungkas Endang.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, komunitas lingkungan, akademisi, dan masyarakat umum yang peduli terhadap isu lingkungan. Semua pihak sepakat untuk bekerja sama dalam menjaga kelestarian lingkungan guna memastikan keberlangsungan kehidupan yang sehat dan seimbang bagi generasi mendatang.

+ There are no comments

Add yours