Jalan Rusak di Pucungkerep – Lamuk – Pesodongan, Kaliwiro, Wonosobo hingga Kedunggong, Sadang, Kebumen Menyusahkan Masyarakat

Kondisi jalan antar kabupaten yang menghubungkan Kabupaten Wonosobo dengan Kabupaten Kebumen, tepatnya dari Desa Pucungkerep di Kecamatan Kaliwiro hingga Desa Kedunggong di Kecamatan Sadang, sangatlah memprihatinkan. Jalan sepanjang kurang lebih 12 kilometer ini mengalami kerusakan parah dan hampir tidak ada bagian yang layak untuk dilalui.

Jalan tersebut melintasi Desa Pucungkerep, Desa Lamuk, dan Desa Pesodongan di Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo, hingga Desa Kedunggong di Kecamatan Sadang, Kabupaten Kebumen. Kondisi jalan yang menanjak dan menurun di kawasan pegunungan membuat kerusakan semakin parah. Sepanjang jalan, terdapat berbagai jenis kerusakan seperti batu rolakan, cor yang hancur, aspal yang rusak, dan beberapa tempat jalan yang amblas.

Desa-desa di perbatasan kedua kabupaten tersebut merupakan daerah pelosok yang jauh dari kota. Jarak dari Desa Kedunggong ke pusat Kota Kebumen sekitar 35 kilometer, sementara jarak dari Desa Pesodongan ke pusat Kota Wonosobo sekitar 30 kilometer. Hal ini membuat aktivitas sehari-hari masyarakat di wilayah tersebut menjadi sangat terhambat.

Kebanyakan penduduk di daerah ini bekerja sebagai petani, dan kondisi jalan yang rusak parah tentunya menyulitkan mereka dalam melakukan kegiatan ekonomi, termasuk mengangkut hasil bumi. Bayangkan betapa susahnya masyarakat di perbatasan dua kabupaten tersebut dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Masyarakat berharap pemerintah segera mengambil tindakan untuk memperbaiki jalan ini. Jangan sampai karena lokasi yang berada di pelosok dan perbatasan kabupaten, pembangunan diabaikan. Warga setempat juga tertib membayar pajak, dan sebagai bagian dari negara, mereka berhak mendapatkan infrastruktur yang layak.

Jalan ini tidak hanya penting bagi mobilitas warga setempat, tetapi juga sebagai penghubung antar kabupaten. Oleh karena itu, masyarakat berharap agar Pemerintah Kabupaten Kebumen, Pemerintah Kabupaten Wonosobo, serta Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mau bekerja sama untuk membangun dan memperbaiki jalan di wilayah pelosok desa ini. Dengan perbaikan jalan yang memadai, tentu perekonomian masyarakat akan meningkat dan kesejahteraan mereka dapat terwujud.

 

+ There are no comments

Add yours