Kirab Panji dan Pusaka Peringati Hari Jadi ke-199 Kabupaten Wonosobo

Kirab Panji dan Pusaka merupakan salah satu rangkaian Peringatan Hari Jadi ke-199 Kabupaten Wonosobo yang dilaksanakan di seluruh kecamatan hingga desa/kelurahan. Sebagai penanda bahwa rangkaian kirab telah tuntas dilaksanakan, Kecamatan Wonosobo menyelenggarakan Gelaran Budaya pada hari Selasa (09/7/2024) di lapangan Jlamprang, Wonosobo.

Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, dalam pembukaan Gelar Budaya tersebut menyampaikan bahwa Kirab Panji dan Pusaka Praja menjadi sebuah prosesi yang penting pada setiap peringatan Hari Jadi Kabupaten Wonosobo. “Kirab ini berfungsi sebagai pengingat, baik bagi pemerintah maupun masyarakat, atas perjalanan bersejarah Kabupaten Wonosobo, atas khazanah budaya dan kearifan lokal yang luhur, sekaligus mengandung makna mendalam atas komitmen pemerintah dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Bupati Afif.

Gelaran Budaya ini menjadi puncak dari rangkaian Kirab Panji dan Pusaka yang tidak hanya memeriahkan peringatan hari jadi, tetapi juga memperkuat rasa kebersamaan dan kecintaan masyarakat terhadap budaya dan sejarah daerah. Selain itu, acara ini juga diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya melestarikan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal.

Dengan berbagai penampilan seni dan budaya yang ditampilkan, Gelaran Budaya ini berhasil menarik perhatian dan antusiasme masyarakat yang hadir. Acara ini diharapkan dapat terus menjadi tradisi yang membanggakan dan mempererat ikatan sosial serta kebanggaan masyarakat Wonosobo terhadap daerahnya.

+ There are no comments

Add yours