FGD Bahas Reaktivasi Jalur Kereta Api Purwokerto-Wonosobo untuk Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Pemerintah Kabupaten Wonosobo melalui Pengurus Cabang Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC IKA PMII) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Reaktivasi Jalur Kereta Api Purwokerto-Wonosobo sebagai Upaya Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Kawasan Jasela (Jateng Selatan)” di Pendopo Selatan, Selasa (16/7/2024).

FGD ini turut dihadiri oleh Anggota DPD RI Dapil Jawa Tengah Abdul Kholik, Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat, perwakilan dari PT KAI Daop 5 Purwokerto, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, BI Purwokerto, serta tokoh masyarakat. Diskusi tersebut membahas potensi dan strategi reaktivasi jalur kereta api sebagai penggerak utama pertumbuhan ekonomi di Wonosobo.

Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, menyambut baik wacana reaktivasi jalur kereta api Purwokerto-Wonosobo yang sudah muncul sejak lama. Ia menegaskan bahwa reaktivasi jalur kereta api ini merupakan langkah strategis untuk mengoptimalkan potensi wisata dan perdagangan di Wonosobo.

“Ini merupakan ide yang sangat baik untuk upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi kawasan Jawa Tengah selatan (Jasela). Bagi Kabupaten Wonosobo, ini akan berdampak besar di sektor pariwisata dan pertanian, sehingga akan menyumbang besar bagi pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Afif juga menegaskan bahwa pihaknya siap berkolaborasi dengan pemerintah kabupaten lain, khususnya yang dilewati jalur kereta api Purwokerto-Wonosobo, guna mempercepat reaktivasi ini.

Reaktivasi jalur kereta api ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi berbagai tantangan dalam pengembangan ekonomi di kawasan Jasela, serta memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat Wonosobo dan sekitarnya.

+ There are no comments

Add yours