Pemprov Jawa Tengah Fasilitasi Mudik Gratis untuk Warga Merantau di Jabodetabek

Semarang, – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kembali memberikan fasilitas Mudik Gratis bagi warganya yang tengah merantau di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), serta bagi pekerja di sektor informal. Kepala Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah, Sarido Sarido, mengumumkan bahwa pendaftaran untuk mudik gratis 2024 telah dibuka sejak Rabu (6/3) pukul 09.00 WIB.

Total kuota yang disediakan mencapai 11.400 kursi bus dan 1.088 kursi kereta api. Pendaftaran dapat dilakukan secara daring melalui www.pedamateng.penghubung.jatengprov.go.id, dengan mengunggah dokumen seperti KTP/KIA, KK, dan bukti pendukung lainnya. Bagi pendaftar disabilitas, mereka dapat langsung datang ke Kantor Badan Penghubung Jateng di Jl Dharmawangsa VIII No 26 Kebayoran Baru.

Selain itu, calon peserta mudik gratis juga dapat mendaftar melalui Cabang Bank Jateng Jl Panglima Polim Kebayoran Baru, KCP Bank Jateng Kramat Jati, atau melalui koordinasi dengan Paguyuban Warga Jateng di Jakarta. Jumlah bus mudik yang disediakan sebanyak 228 unit, yang berasal dari bantuan berbagai pihak yang bekerja sama dengan Pemprov Jateng.

Sarido menjelaskan bahwa ada peningkatan jumlah bus dibanding tahun sebelumnya, dengan 58 bus bantuan dari gubernur dan PT Semen Gresik, 130 bus dari bupati/wali kota, Jasa Raharja, dan Perum Perumnas, serta 40 bus dari Bank Jateng.

Untuk fasilitasi mudik menggunakan kereta api, Pemprov Jawa Tengah menyediakan dua rangkaian, yaitu KA Jaka Tingkir untuk jurusan Jakarta-Solo, dan KA Menoreh untuk jurusan Jakarta-Semarang. Pemberangkatan mudik gratis Pemprov Jateng 2024 direncanakan pada Sabtu (6/4) dari Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII Jakarta.

Sarido menegaskan bahwa mudik gratis ini diperuntukkan bagi pekerja informal berpenghasilan rendah seperti pengojek, asisten rumah tangga, pedagang asongan, pedagang kaki lima, hingga buruh. Pendaftar diharapkan memiliki KTP Jawa Tengah dan benar-benar kurang mampu.

Pihak Badan Penghubung juga mengimbau warga agar berhati-hati terhadap informasi terkait mudik gratis. Sarido menekankan untuk mengonfirmasi melalui saluran resmi pemerintah atau perusahaan, untuk menghindari penipuan. Informasi terkait mudik gratis Jateng 2024 dapat diakses melalui akun @penghubungjateng, @perhubunganjtg, atau hotline 0813 1871 2523.

+ There are no comments

Add yours